Back to Top
Artikel Terbaru
Home » , » Sejarah Kota Gresik

Sejarah Kota Gresik

Selamat datang di Blog taharonqi.blogspot.com, kali ini saya ingin berbagi tentang Sejarah Kota Gresik, kenapa saya berbagi tentang ini (Sejarah Kota Gresik) karena saya seorang blogger yang berasal dari daerah tersebut. Kota Gresik Menurut catatan dari Tiongkok, Gresik didirikan di abad ke-14 oleh seorang Tionghoa. Sejak abad ke-11, Gresik menjadi pusat perdagangan dan kota bandar yang dikunjungi oleh banyak bangsa seperti, Cina, Arab, Champa, dan Gujarat. Gresik juga sebagai pintu masuk Islam pertama di Jawa, yang antara lain ditandai dengan adanya makam-makam Islam kuno dari Syekh Maulana Malik Ibrahim dan Fatimah binti Maimun. Gresik sudah menjadi salah satu pelabuhan utama dan kota dagang yang cukup penting sejak abad ke-14, serta menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dari Maluku menuju Sumatera dan daratan Asia (termasuk India dan Persia). Hal ini berlanjut hingga era VOC.
Tahun 1411 penguasa Gresik, seorang kelahiran Guangzhou, mengirim utusan ke kaisar Tiongkok. Di abad ke-15, Gresik menjadi pelabuhan dagang internasional yang besar. Dalam Suma Oriental-nya, Tomé Pires menyebutnya sebagai "permata pulau Jawa di antara pelabuhan dagang.
Pada era VOC, Afdeeling Gresik terdiri dari Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Sedayu. Kota Gresik sendiri berada pada jalur utama jalan pos Daendels. Perkembangan Surabaya yang cukup pesat memaksa dihapuskannya Kabupaten Gresik dan bergabung dengan Kabupaten Surabaya pada tahun 1934.
Pada awal Kemerdekaan Indonesia, Gresik hanyalah sebuah kawedanan di bawah Kabupaten Surabaya. Didirikannya Pabrik Semen Gresik pada tahun 1953 merupakan titik awal industrialisasi di Gresik. Pada tahun 1974, status Kabupaten Surabaya dihapus dan sebagai penggantinya adalah Kabupaten Gresik, dengan bupati pertama H. Soeflan. Kawasan permukiman pun semakin melebar, dan bahkan pusat pemerintahan dipindahkan ke Kawasan Bunder.

Locator kabupaten gresik.png

Mungkin itu saja yang dapat saya bagi pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi sobat-sobat blogger semua, dan jika sobat berkenan tinggalkan komentar demi kemajuan blog ini, terima kasih.


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Gresik

Dapatkan Update Artikel Terbaru

Follow Us

Di Posting Oleh : Mas Onqi

Hai Kawan ONshare™, perkenalkan saya Onqi dari Gresik Jawa Timur. Kegiatan saya sehari-hari adalah bekerja dan juga kuliah, untuk kegiatan blogging ini adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. dan terima kasih kawan ONshare™ sudi mengunjungi blog saya ini.
Artikel Dilindungi Oleh : DMCA.com

31 comments:

  1. wah sejarah kota gresik benar-benar luar biasa ya mas ..

    ReplyDelete
  2. karena sejak semula adalah kota perdagangan sehingga menjadi pusat penyebaran agama islam ya..

    ReplyDelete
  3. wah ternyata sejarah kota gresik penuh dengan liku-liku ya :) ada voc nya juga :) nice info mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sejarahnya berkelok-kelok sekali
      hehehe :D

      Delete
  4. setiap daerah atau tempat...selalu ada legenda dan sejarahnya ya mas..
    folbek done :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mas, asal-usul suatu daerah pastilah ada.
      :-bd

      Delete
  5. Nambah lagi wawasan saya mengenai sejarah.. thks uda berbagi.. :)

    ReplyDelete
  6. wah, sejarah kota gresik ternyata panjang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak tapi lebih panjangan kereta api kok
      :-D :-D :-D

      Delete
  7. Gresik terkenal dengan semennya emang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Semen Gresik dan ada lagi Pupuk Petrokimia mbak :D

      Delete
  8. sejarah gresik juga cukup panjang yaa :)

    tapi ngomong ngomong gresik, kemaren kalah lawan barito :p heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dwi panjang banget :D

      haha iya mbak
      saya lihatnya saja bikin agak emosi
      tim kebanggaan kalah
      tapi gpp cuma uji coba
      :-p

      Delete
  9. Nah, suatu saat akan sampai disini...ziarah makam wali maulana malik Ibrahim :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian Sunan Giri mbak
      dekat soalnya

      :D :D

      Delete
  10. Wah saya pernah ziarah ke sunan giri mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohw gitu ya mas,
      Gimana tanggapan mas tentang makam sunan giri?

      Delete
  11. Saya lama juga di Surabaya tapi baru tau sejarah kota Gresik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kemana saja sob kok baru tahu itu
      :D :D :D

      Delete
  12. sejarah bangsa indonesia tak lepas dari yang nama nya VOC ya mas. Thanks atas share nya ya :)

    ReplyDelete
  13. di sana juga terkenal kota wali ya sob. Sejarah berdirinya Gresik dari abad 14... wah udah lama juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob benar banget
      di Gresik ini ada 2 Wali

      Delete
  14. saya dari lamongan mas, tapi lahir d gresik juga. btw ini kunjungan pertamaku ya. salam kenal :)
    blogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tonggo iki critane
      lamongan mana mas??

      Delete
  15. wah aku ndukun iki :D ayo ngopi gan. karo sharing" blogging :D

    ReplyDelete